Rabu, 25 Mei 2016

Meloncat ke Perancis Timur

Berkunjung Mulhouse

Dengan "menumpang" kereta TGV (kereta cepat khas Perancis), tibalah kami di Mulhouse.  Mulhouse adalah salah satu kota kecil di Perancis Timur, tepatnya di wilayah Alsace.  Daerahnya kecil memang, tapi cukup menarik untuk dikunjungi.  Seperti kota-kota kecil di wilayah Alsace, Mulhouse memiliki keunikkan tersendiri.  
Dari zoo nya sampai musium otomotif yang katanya sangat spesial di wilayah eropa.


Berjalan-jalan di kota ini serasa kota pribadi saja.  Cukup hanya berjalan kaki, hampir 1 jam kami sudah dapat melihat hampir 70% suasana kota.  Masyarakat yang relatif majemuk dan bersahabat. Setiap kita bertatapan muka, maka jangan heran kalau orang tersebut akan mengucap salam "bonjour" kepada kita.  Yah, bagiku hal ini adalah unik ditambah keunikkan bangunan di kota Mulhouse yang masih banyak mempertahankan bentuk dan model bangunan Alsace.  

Hal ini dapat terlihat ketika kali pertama kami mengunjungi balai kotanya (orang di Perancis bilang mairie). Cukup "nyentrik" menurutku.  Jelas sekali tipe bangunannya adalah khas Alsace.  Disamping itu juga, sekitar mairie nya sendiri, bangunan toko atau pun kantor banyak sekali masih mempertahankan tradisi lama.

Memang ada beberapa bangunan yang sudah modern bentuknya, ditambah bentuk-bentuk seni dari hasil cipta karya warga perancis yang cukup menambah daya tarik kota Mulhouse.

Selain memelototi bangunan-bangunan yang tertata apik, kamipun sempat mengunjungi wilayah hijau Mulhouse.  Cukup tekesan juga melihat itu semua, hewan-hewan seperti tidak mengenal takut ketika kami mendekati mereka, dari bebek-bebek air hingga burung-burung liar.  "hmm...kalau mereka di kampungku, mungkin sudah saya buat sate...hehehe...", gumanku lirih.

Hampir seharian kami mengeksplorasi kota Mulhouse dan sekitarnya, hingga menjelang sore, kamipun pulang.  Setelah berpamitan dengan teman disini, kamipun melangkah santai ke rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar